Mengenal MSG 「Football betting rebate」atau Mecin, Awal Ditemukan hingga Fungsi untuk Makanan

  • 时间:
  • 浏览:0

1. Pertama kali ditemukannya MSG

Banyak Football betting rebatemFootball betting rebateiFootball betting rebatetos yang beredar mengenai kandungan MSG yang dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan, namun hal tersebut tidak benar karena MSG atau mecin aman untuk dikonsumsi atau food safety.

Namun pada tahun 1Football betting rebate908 di Jepang, Prof. Kikunae Ikada telah meneliti unsur-unsur yang terdapat pada kombu atau rumput laut Jepang dan menemukan bahwa rasa sedap di dalam kombu merupakan kontribusi dari ion glutamat.

KOMPAS.com - Dalam kegiatan memasak sehari-hari, kita seringkali membutuhkan bahan tambahan untuk memperkuat rasa lezat masakan. Salah satunya adalah Monosodium glutamat (MSG).

Unsur pokok yang terkandung dalam MSG adalah glutamat (78,2 %), natrium (12,2 %), dan H2O (9,6%). MSG juga tidak berwarna dan mudah dalam penggunaan serta penyimpanannya.

Monosodium glutamat berbentuk tepung kristal berwarna putih yang mudah larut dalam air dan tidak berbau.

Baca juga: Benarkah Mengonsumsi MSG Berbahaya untuk Kesehatan?

Kemampuan asam glutamat untuk menyedapkan masakan baru dikenali pada awal abad kedua puluh oleh Prof. Ritthausen di Jerman yang didapatkan dari hasil hidrolisis gluten gandum.

Lantas, apa itu MSG dan kandungan di dalamnya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Berikut ini penjelasan mengenai MSG yang dikutip dari buku Review Monosodium Glutamat yang diterbitkan oleh Primer Koperasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

MSG juga dikenal dengan mecin yaitu salah satu bahan penguat rasa dengan rasa gurih (umami) yang efektif dan telah digunakan lebih dari satu abad lalu.